Home / VISI DAN MISI DESA

VISI DAN MISI DESA

VISI

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Sewaka ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif. Dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Sewaka seperti pemerintah desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat, dan masyarakat desa. Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Sewaka yaitu :

Terwujudnya masyarakat Desa Sewaka yang berakhlaq mulia, sehat, cerdas, dan sejahtera

MISI

Misi adalah langkah-langkah yang akan dilakukan guna mewujudkan visi. Maka telah diterapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan/kerjakan. Sebagaimana penyusunan visi, misi-pun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Sewaka. Sebagaimana proses yang dilakukan, maka misi Desa Sewaka adalah :

  1. Peningkatan pengalaman ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana pemerintahan, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.
  3. Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  4. Terwujudnya masayarakat yang sehat jasmani dan rokhani, untuk menuju keluarga sehat sejahtera.
  5. Meningkatkan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta penghormatan kepada supermasi hukum.
  6. Pemberdayaan masyarakat  dan seluruh kekuatan ekonomi desa, terutama pengusaha kecil, menengah, dan koperasi dengan mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan.